Efektivitas Pembelajaran Anwa’ul Kalimah Menggunakan Metode Tamyiz Di Pondok Tahfidzul Qur’an Tarbiyyatul Ummah Ngruki Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.62096/sq.v4i1.52Keywords:
efektivitas, anwa’ul kalimah, metode tamyizAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan proses pembelajaran anwa’ul kalimah menggunakan metode tamyiz, serta untuk mengetahui tingkat efektivitas pembelajarannya. Penggunaan metode tamyiz memiliki kedudukan sebagai variabel bebas dan keefektifan pembelajaran Anwarul kalimah sebagai variabel terikat. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik interview, observasi, kuesioner, serta dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode tamyiz menjadikan pembelajaran di kelas hidup, hal ini dikarenakan siswa dituntut aktif mengikuti pelajaran. Adapun analisis data terhadap tingkat keefektifan yang berdasarkan ketuntasan belajar siswa, menunjukkan bahwa lebih dari 75% dari keseluruhan sampel telah mencapai nilai ≥ 61 dengan rata-rata sebesar 81. Analisis data angket terkait minat serta kenyamanan siswa menunjukkan nilai sebesar 87,9%. Hal tersebut menunjukkan terbuktinya hipotesis kerja (H1) yakni adanya keefektifan penggunaan metode tamyiz terhadap pembelajaran anwa’ul kalimah di PTQ Tarbiyyatul Ummah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mutia Fiddien
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.