PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) AL-FALAAH SIMO

Authors

  • Eka Budi Sulistyawati
  • Sudarmadi Putra Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin Surakarta

Keywords:

Metode Role Playing, Guru, Bahasa Arab.

Abstract

Penelitian ini mengungkap salah satu metode role playing yang dilakukan oleh Guru Bahasa Arab yang masih belum baik. Mengingat metode merupakan bagian dari proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode role playing dalam meningkatkan kemapuan berbicara bahasa arab di SMPIT Al-Falaah Simo, dan apa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan metode role playing di SMPIT Al Falaah Simo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode role playing serta faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode role playing dalam meningkatkan kemapuan berbicara bahasa arab di SMP IT Al Falaah Simo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriftif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Arab dan peserta didik kelas IX b. Adapun pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan tela’ah dokumen. Analisis datanya menggunakan deskriftif kualitatif.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan metode role playing pada bahasa arab di SMPIT Al Falaah Simo, guru sudah sebagian memakai langkah-langkah metode role playing dengan baik, diantaranya guru sudah melakukan persiapan berupa pemanasan dan intruksi yang berupa arahan terhadap peserta didik, akan tetapi disini guru belum bisa melakukan tindakan dramatik yang berupa klarifikasi berkaitan dengan sistim evalusi dan penilaian, dikarenakan waktu pembelajaran yang terbatas, sehingga hal ini dapat mengakibatkan metode role playing berjalan kurang efektif.

Downloads

Published

2022-10-19

Issue

Section

Articles