MANAJEMEN PEMBELAJARAN NAHWU SHOROF DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAMYIZ PADA PPTQ TD TARBIYATUL UMMAH SUKOHARJO JAWA TENGAH

Authors

  • Sutino Sutino Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin (STIM) Surakarta Cemani Grogol Sukoharjo Jawa Tengah
  • Nurul Istiqomah

Abstract

Manajemen Pembelajaran Nahwu-Sharaf dengan menggunakan Metode Tamyiz di PPTQ TD Tarbiyyatul Ummah Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Latar belakang kehadiran kitab Tamyiz dengan tingkat keberhasilan pencapaian targetatau sasaran pembelajaran pada anak usia SD (Sekolah Dasar) atau MI (Madrasah Ibtidaiyah) dan anak kecil (yang sudah bisa membaca al-Qur’an) mereka dapat mengembangkan potensi dirinya untuk menerjemahkan, menuliskan serta mengajarkanAl-Qur’an dan kitab kuning.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas manajemen pembelajaran Nahwu-Sharaf dengan Menggunakan Metode Tamyiz di PPTQ TD Tarbiyyatul Ummah ditinjau dari aspek perencanaan, aspek pengorganisasian, aspek pelaksanaan dan aspek evaluasi, serta mengetahui faktor pendorong dan penghambat manajemen pembelajaran nahwu-sharaf dengan menggunakan metode tamyiz di PPTQ TD Tarbiyyatul Ummah.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaperencanaan pembelajaran dilakukan dengan baik oleh setiap guru. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan strategi yang cooperativ learning dan pembelajarannya dilakukan dengan bernyanyi, selaian itu guru juga menggunakan media MP3 untuk pembelajaran. Melalui evaluasi berkala penerapan metode Tamziz membuat anak-anak selalu aktif dan semangat dalam belajar.

Published

2022-10-19

Issue

Section

Articles