PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRODAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PEMANFAATAN LABORATORIUM BAHASA DI SD ISLAM AL-FATTAH SURAKARTA

Authors

  • Anis Budiriyanto Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin Surakarta (STIM)
  • Faruq Al Maududi

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan laboratorium bahasa yang ada di SD Islam Al-Fattah ini dalam meningkatkan penguasaan mufrodat. Dalam proses pembelajaran pengajar menggunakan perangkat multimedia yang memuat banyak sekali fungsi-fungsi yang dapat dijadikan inovasi dalam pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam peningkatan mufrodat anak. Mengingat bahwa mata pelajaran yang ada di dalam SD Islam Al-Fattah sudah diajarkan banyak maharah, seperti maharotul kitabah dengan khot dan imla’, nahwu, shorof, tafsir tarjamah. sehingga para murid tertarik dan termotivasi dikarenakan multimedia ini adalah seperangkat alat yang didukung dengan fitur fitur alat yang canggih dan jarang dari intansi pendidikan sekolah dasar yang memilikinya. Dengan memanfaatkan media ini diharapkan ada nuansa pembelajaran yang berbeda dan menyenangkan sehingga ada kontribusi positif khususnya kepada murid dan lembaga pendidikan pada umumnya. Selain itu untuk menemukan gambaran yang jelas tentang faktor penunjang dan penghambat dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan pengamatan secaran terus menerus, melakukan wawancara secara mendalam, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan melalui triangulasi sumber. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis model interaktif yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini mendeskripsikan aplikasi pembelajaran Bahasa Arab melalui laboratorium bahasa antara lain: gambar animasi, video simulasi pembelajaran mufrodat, Microsoft point. Penggunaan medialaboratoriumini diharapkan dapat membuat suasana pembelajaran menjadi interaktif karena didukung oleh pengajar bahasa Arab yang berkompeten dan selalu memberikan motivasi kepada para murid untuk selalu menghafal mufrodat. Selain itu metode yang digunakan sangat variatif dalam mencapai kompetensi yang harus dicapai dan menghasilkan pembelajar yang inovatif dan interaktif serta dapat meningkatkan penguasaan mufrodat dengan target yang telah ditentukan.Selain itu didalam keberadaan laboratorium ini tak luput dari hambatan antara lain listrik padam ketika proses pembelajaran berlangsung, perawatan perangkat yang ekstra, kurang bebasnya pengajar dalam bereksplorasi ketika penggunaan yang mengkhawatirkan dapat merusak perangkat. Namun semua dapat teratasi dengan komunikasi yang baik antara pengajar dengan pihak sekolah.

Published

2022-10-19

Issue

Section

Articles