EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHAS A ARAB DALAM MENGETAHUI KEDUDUKAN KALIMAT MENGGUNAKAN METODE AL MIFTAH LIL ‘ULUM PADA SISWA KELAS VIII PONDOK PESANTREN DARUL IHSAN SUKOHARJO JAWA TENGAH
Keywords:
Metode, Al Miftah Lil ‘Ulum, Kedudukan KalimatAbstract
Peran suatu metode dan hasil belajar santri sangat penting dalam proses pembelajaran karena hal tersebut merupakan salah satu gambaran tingkat keberhasilan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai proses pembelajaran Bahasa Arab dalam mengetahui kedudukan kalimat menggunakan metode Al Miftah Lil ‘Ulum pada siswa kelas VIII Pondok Pesantren Darul Ihsan Sukoharjo dan apa kelebihan dan kekurangan metode Al Miftah Lil ‘Ulum pada proses pembelajaran tersebut.
Tujuan dari metode ini adalah agar santri mudah belajar membaca kitab klasik atau kajian bahasa Arab. Selain itu, dengan
mempelajari metode ini, santri dapat memahami kaidah bahasa Arab dengan tepat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif menggunakan metode study kasus (case study).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Arab menggunakan metode Al-Miftah Lil ‘Ulum terbukti sangat efektif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ra'is Abi Maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.