PEMBELAJARAN ILMU NAHWU DENGAN METODE QAWAID WA TARJAMAH UNTUK MENINGKATKAN MAHAROH QIRO’AH SISWA KELAS VIII A SMPIT ABU JA’FAR MOJOGEDANG KARANGANYAR

Authors

  • Muhammad Izuddin Syafiq

Keywords:

Pembelajaran, Metode qowaid wa tarjamah, Metode Pembelajaran, analisis dan menerjemah

Abstract

Pembelajaran ilmu nahwu dengan metode qowaid wa tarjamah untuk meningkatkan kemampuan maharoh qiroah pada siswa kelas VIII A SMPIT Abu Ja’far Mojogedang tahun ajaran 2021-2022 Latar belakang penelitian ini adalah efek dari pembelajaran bahasa Arab dengan metode qowa’id wa tarjamah pada siswa kelas VIII A SMPIT Abu Ja’far Mojogedang Karanganyar karena faktor minat dan kemampuan termasuk didalamya dalam hal peguasaan mufrodat atau kosa-kata bahasa Arab di SMPIT Abu Ja’far Mojogedang karanganyar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil praktik pembelajaran dengan metode qowaid wa tarjamah pada pelajaran ilmu nahwu dan hasil dari pembelajaran metode tersebut. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dan merupakan penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, yaitu menggambarkan data dan kalimat untuk medapatkan keterangan yang jelas dalam penarikan
kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari penerapan metode ini cukup efektif dalam menambah kosakata siswa dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menerjemahkan bahasa Arab.

Downloads

Published

2021-10-01

Issue

Section

Articles