Nilai Historis dan Filosofis Pendidikan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam
DOI:
https://doi.org/10.62096/sq.v3i2.49Keywords:
Nilai Historis, Nilai Filosofis, Pondok Pesantren Ta’mirul Islam SurakartaAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan 2 tujuan yaitu: untuk mengetahui latar belakang historis berdirinya Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta, dan mengetahui filosofis berdiri dan berkembangnya Pendidikan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan yang dijadikan subjek penelitian adalah Badan Wakaf, Bapak Pimpinan Pondok, Direktur KMI Putri, Ustadz/ustadzah, dan Remaja Masjid Tegalsari Surakarta. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tahapan reduksi data, penyusunan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil diperoleh bahwa nilai historis Pendidikan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam adalah Pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam yaitu dengan sistem Kulliyyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) yang berarti Sekolah Pendidikan Guru Islam dengan mengadopsi kurikulum Pondok Pesantren Modern Gontor dan kurikulum Nasional. Sedangkan nilai filosofis Pendidikan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam tertuang dalam Nilai Panca Jiwa Pondok, Motto Kelembagaan, Falsafah motto kependidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kafin Jaladri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.